Home   Tujuan Dan Sasaran

Tujuan Dan Sasaran

PROGRAM STUDI SARJANA “PPKn” FKIP UNISRI SOLO

TUJUAN DAN SASARAN

Jabaran Misi 1

Pada akhir tahun 2022 program studi PPKn  dapat :

  1. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang memiliki wawasan, pemahaman, penguasaan bahan ajar yang dilandasi jiwa dan semangat kebangsaan.
  2. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang memiliki kompetensi dan berdaya saing tinggi.
  3. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang mampu menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Jabaran Misi-2

Pada akhir tahun 2022 program studi PPKn  dapat :

  1. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang memiliki wawasan keilmuan dan metodologi di bidang Ketatanegaraan
  2. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang cakap meneliti dalam bidang ilmu kewarganegaraan dan Pendidikan Kewarganegaraan

Jabaran Misi -3

Pada akhir tahun 2022 program studi PPKn  dapat :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mempresentasikan konsep-konsep atau ide-ide baru dalam kehidupan masyarakat pada Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang selaras dengan tuntutan masyarakat dan bangsa Indonesia.
  2. Menghasilkan guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran yang mempunyai kecakapan untuk mengabdikan ilmunya di masyarakat

Sasaran dan Strategi Pencapaiannya

Sasaran:

  1. Meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa
  • Meningkatnya rata-rata IPK mahasiswa dari 2,75 menjadi 3,00
  • Terwujudnya jurnal ilmiah untuk kalangan mahasiswa 1 kali dalam setahun
  • Meningkatnya prosentase kehadiran kuliah dari 75% menjadi 90%
  • Terwujudnya 75 % iklim akademik yang baik
  • Mahasiswa dapat melakukan kegiatan ilmiah minimal 3 kali dalam setahun
  1. Meningkatkan minat, bakat dan ketrampilan mahasiswa
  • Tercapainya 75 % kepekaan dan ketajaman mahasiswa dalam memecahkan masalah bangsa dan negara melalui kegiatan penalaran mahasiswa
  • Terwujudnya pengetahuan dan pengalaman mahasiswa dalam menangani masalah di masyarakat, bangsa dan bernegara melalui pengabdian pada masyarakat
  • Terwujudnya kemandirian dan tanggung jawab dalam mengembangkan minat, bakat dan ketrampilannya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa
  1. Meningkatnya peran aktif mahasiswa dalam Program Kreativitas Mahasiswa
  • 76% mahasiswa terlibat secara aktif dalam bidang penelitian
  • 75% mahasiswa terlibat secara aktif dalam bidang pengabdian masyarakat.
  • 70 % mahasiswa terlibat aktif dalam penyusunan program Kreativitas Kewirausahaan
  • 75% mahasiswa terlibat aktif dalam bidang penyusunan gagasan tertulis
  1. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku peserta didik yang berkarakter
  • Tercapainya tingkat pengetahuan dan pemahaman tentang tata cara mengatasi masalah dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara melalui kegiatan pengembangan dan pengintegrasian karakter bangsa.
  • Terwujudnya sikap mental yang cerdas, santun, dan jujur sebagai warga negara terdidik melalui pencapaian kompetensi setiap mata kuliah.
  • Tahun 2019, aktualisasi Laboratorium Pancasila dalam memecahkan persoalan-persoalan praktis dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  1. Meningkatkan penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  • 75 % mahasiswa mampu mengadakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  • Mewujudkan program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran sebagai pusat Pengkajian Pancasila sebagai penguat pendidikan karakter.
  1. Meningkatkan kemandirian mahasiswa
  • 75 % mahasiswa mampu mempresentasi ide-ide baru dalam menghadapi tuntutan hidup bermasyarakat dan berbangsa melalui seminar, TOT dalam bidang kreativitas mahasiswa dan pendalaman serta praktek mata kuliah keahlian berkarya.
  • Terwujudnya life skill mahasiswa untuk menggali informasi, mengolah informasi, mengambil keputusan, memecahkan masalah dan bertanggung jawab melalui seminar, TOT dalam bidang kreativitas mahasiswa dan pendalaman serta praktek mata kuliah keahlian berkarya.

Strategi Pencapaian

Adapun strategi pencapaian sasaran tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa :
    1. Mengoptimalkan peran pembimbing akademik dalam kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar mahasiswa.
    2. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran program studi PPKn.
    3. Pelatihan penulisan jurnal ilmiah.
    4. Peningkatan profesionalisme dosen.
    5. Peningkatan mutu dosen melalui pelatihan, seminar, workshop, dan kajian-kajian ilimiah lainnya.
    6. Mengoptimalkan peran Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS).

 

  1. Meningkatkan bakat, minat dan ketrampilan mahasiswa
    1. Mengikut sertakan mahasiswa di berbagai kegiatan Tri Dharma melalui HMPS.
    2. Menyelenggarakan beberapa program pendidikan latihan tentang kemampuan presentasi/orasi, menulis dan komputer melalui kegiatan ditingkat Progdi, Fakultas, dan Universitas.
    3. Melakukan pendampingan terhadap kegiatan kemahasiswaan.
    4. Peningkatan kualitas perkuliahan strategi belajar dan pembelajaran dengan pendekatan praktis.

 

  1. Meningkatnya peran aktif mahasiswa
    1. Melakukan pendampingan terhadap Himpunan Mahasiswa Progdi.
    2. Melakukan pendampingan dalam peningkatan peran mahasiswa sebagai narasumber diberbagai kegiatan kemahasiswaan dan pengembangan akademik.
    3. Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yang menyangkut bidang Pendidikan dan Pengabdian Mayarakat.

 

  1. Strategi untuk meningkatkan wawasan dan perilaku berkarakter.
    1. Penguatan mata kuliah Pengembang kepribadian khususnya (Pancasila, Agama, Bahasa Indonesia dan PKn).
    2. Pendampingan pengembangan kegiatan bakat, minat dan kegemaran pada Himpunan Mahasiswa Program Studi.

 

  1. Meningkatkan rata-rata pencapaian kemampuan dasar dari standar kompetensi.
    1. Peningkatan mutu dosen dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
    2. Memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran program studi PPKn.
    3. Mengoptimalkan peran Pembimbing Akademik dalam kaitannya dengan peningkatan prestasi belajar mahasiswa.

 

  1. Mewujudkan Laboratorium Pancasila pada Program Studi PPKn sebagai pusat Pengkajian Pancasila dan Karakter.
    1. Mengadakan diskusi rutin melalui program sosialisasi pendidikan karakter.
    2. Menganggarkan biaya penerbitan buku dengan sumber dana Universitas.