Home   Profil

Profil

Progdi PPKn FKIP Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) lahir pada tahun 1980 dan telah menghasilkan lulusan 1.750 sarjana S1 yang kompeten di bidang pendidikan. Tiga puluh lima (35) tahun PROGDI PPKn FKIP UNISRI berkontribusi dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Pengembangan Renstra Progdi PPKn FKIP Universitas Slamet Riyadi didasarkan pada Rencana Induk Pengembangan (RIP), Renstra universitas dan nilai-nilai pendidikan untuk memenuhi kebutuhan dunia pendidikan dalam memasuki era global yang sangat dinamis, kompetitif dan penuh tantangan.

Adanya keterbukaan di era informasi, tantangan yang dihadapi PROGDI PPKn FKIP UNISRI diharapkan tetap pada posisi dan perannya di masyarakat. Tersedianya sistem yang dapat mengakomodasi perubahan-perubahan yang serba cepat dengan didukung SDM yang cerdas, inovatif, professional dan bermartabat sangat dibutuhkan. Untuk menjawab tantangan tersebut diperlukan pandangan yang visioner, kemampuan merumuskan langkah-langkah strategis dan realisasinya. Langkah strategis tersebut menjadi keyakinan bersama oleh semua civitas akademika Progdi PPKn FKIP yang akan terlibat dalam pelaksanaan menuju pencapaian visi dan misi.

Persoalan yang menyangkut tata kelola perguruan tinggi dalam prakteknya menghadapi kendala terutama dalam pemahaman mendasar tentang arti penjaminan mutu pendidikan tinggi. Untuk itu, Progdi PPKn FKIP perlu memiliki standard mutu pendidikan sesuai yang tertuang dalam Standar Nasional Dikti, sehingga setiap tahapan yang direncanakan telah dicapai dapat diukur dengan mudah dan tepat.

Nilai-nilai dasar yang dikembangkan oleh Program Studi PPKn berlandaskan pada nilai-nilai dasar yang dikembangkan oleh universitas dan fakultas yang diturunkan dari jiwa dan semangat “Slamet Riyadi”. Nilai-nilai dasar meliputi: Berani dan tegas (Assertive); Cermat (Careful and calculation); Disiplin (Discipline); Jujur (Honest); Kerjasama (Team work); Mementingkan kepentingan yang lebih besar (Greater interest); Percaya diri (Self confidence); Semangat pantang menyerah (High-spirited); Rela berkorban dan tanpa pamrih  (Sacrifice and selflessly).

Dilihat dari causa materialis nilai-nilai dasar tersebut terkandung dalam nilai-nilai Pancasila yang dikembangkan dari agama, adat-istiadat dan budaya. Nilai-nilai dasar tersebut menjadi watak dan karakter pada Program Studi PPKn serta dijadikan dasar dalam merumuskan visi, misi, tujuan, sasaran dan program kerja di Program Studi.